INDONESIAN TOURISM EVENTS
September 2014
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
No events
  • bali 1.jpg
  • belitung1.jpg
  • belitung2.jpg
  • bromo1.jpg
  • derawan2.jpg
  • derawan3.jpg
  • derawan ubur2.jpg
  • granada spain.jpg
  • masjid raya aceh.jpg
  • orangutan.jpg
  • roma.jpg
  • slide web 1.jpg
  • web slide.jpg
Cara Membuat Visa Schengen PDF Cetak E-mail
Senin, 07 Maret 2011 18:21

CARA MEMBUAT VISA SCHENGEN DARI KEDUTAAN ITALIA JAKARTA


Oktober 2010 lalu, saya berencana jalan-jalan ke beberapa negara di Eropa. Kemudian saya memohon Visa Schengen dari Kedutaan Besar Italia di Jakarta. Saya memang sengaja memohon Visa Schengen dari Kedutaan Besar Italia karena dalam perjalanan saya ke Eropa, Italia merupakan negara yang rencananya pertama kali saya kunjungi dan paling lama durasi tinggalnya. Teman-teman sebenarnya bisa juga melakukan permohonan Visa dari Negara Schengen lainnya seperti Belanda, Prancis, Spanyol dan lain-lain tergantung poin kedatangan teman-teman dan negara Schengen mana yang menjadi tempat yang terlama dikunjungi. Berikut sedikit informasi bagaimana mendapatkan Visa Schengen (meskipun ketika saya memohon Visa Schengen ini sempet deg-deg an juga takut di tolak…hehehe), soalnya udah ngebet banget pengen ke Eropa…

 

 

 

1. Buka website kedutaan Italia di Jakarta, http://www.ambjakarta.esteri.it

 

2. Download form permohonan visa Schengen

 

Untuk keperluan turis atau bisnis yang kurang dari 90 hari (Type C):

 

http://www.ambjakarta.esteri.it/NR/rdonlyres/A53E6204-260F-4ECF-A75C-D459D93F760E/0/Nuovoformulariovisti20101.doc

 

Untuk keperluan turis atau bisnis yang lebih dari 90 hari (type D):

  • visa ini hanya berlaku untuk durasi tinggal di Italia saja , tidak berlaku sebagai visa Schengen (tidak berlaku untuk negara Schengen lainnya)

 

http://www.ambjakarta.esteri.it/NR/rdonlyres/457B6242-7C4A-4FED-8ED8-D68F9D298EEE/0/Formulario_nazionale.doc

 

3. Isi Formulir selengkap-lengkapnya.
4. Dokumen yang harus dilampirkan:

  • Paspor yang masih berlaku (minimum 3 bulan sebelum masa habis berlaku paspor)
  • Fotokopi  paspor halaman 1 s/d 4 (masing-masing 1 lembar)
  • Form Aplikasi permohonan visa yang sudah diisi lengkap dan ditandatangan
  • 2 buah foto terbaru (ukuran menurut ukuran foto Visa Schengen) terlampir di bawah ini halaman yang memuat ukuran foto untuk visa Schengen

 

http://www.ambjakarta.esteri.it/NR/rdonlyres/618770AD-569C-48AD-A894-DAAA62BC5F5F/0/ICAOPhoto.pdf

 

  • Tiket Pulang Pergi (ketika pengajuan permohonan Visa Schengen bisa menunjukkan booking-an tiket saja terlebih dahulu yang bisa di print melalui tour and travel, setelah visa diterima dan saat pengambilan Visa, tiket yang sudah di-issued harus ditunjukkan **)
  • Asuransi perjalanan yang berlaku di negara Schengen dan memiliki pertanggungan minimum 30.000 EURO yang harus meng-cover untuk keseluruhan waktu tinggal di negara Schengen ***)
  • Print Rekening Bank Terakhir ( 3 Bulan) dari pemohon Visa Schengen, jika dana tidak mencukupi, fidejussion bank dari kerabat yang tinggal di Italia akan di perlukan ****)
  • Surat sponsor dari Tempat pemohon visa bekerja (dalam bahasa Inggris) dan fotokopi SIUP tempat pemohon bekerja *****)
  • Reservasi Hotel selama tinggal di Negara Schengen
  • Surat Keterangan dari Orang Tua ( Jika pemohon adalah anak di bawah umur, lengkap dengan fotokopi identitas orangtua)
  • Fotokopi KITAS / KIMS ( Jika pemohon bukan Warga Negara Indonesia)
  • Kartu Keluarga

 

5. Waktu pengurusan permohonan visa 12-15 Hari
6. Biaya Pengurusan Permohonan Visa Schengen Rp.700.000 / orang (harga oktober 2010) dan tidak akan dikembalikan apabila visa ditolak.
7. Yang bisa melakukan permohonan Visa Schenger melalui Kedutaan Besar Italia di Jakarta hanya Warga Negara Indonesia dan atau Warga Negara Timor Leste.

 

8.   Setelah Formulir dan Dokumen pendukung telah siap, maka pemohon Visa diharuskan melakukan perjanjian melalui website yang tertera di bawah ini untuk penyerahan formulir tersebut ke Kedutaan Italia di Jakarta JL. Imam Bonjol. Dari perjanjian penyerahan formulir tersebut pemohon akan mendapat Tanggal dan Waktu penyerahan formulir.

 

https://web.esteri.it/prenotaOnline/login.aspx?cidsede=100025&returnUrl=/prenotaOnline/

 

Setelah formulir permohonan Visa dan Dokumen sudah diserahkan, setelah itu tinggal berdoa agar permohonan Visa Schengen diterima, sayang kan 700ribu terbuang sia-sia jika permohonan Visa di tolak. Untuk itu teman-teman memang harus membaca secara detail persyaratan dan melengkapi dokumen pendukung selengkap-lengkapnya.

 

 

TIPS:

 

1. Menurut kabar-kabar yang beredar di dunia per-Visa-an, minimum dana di rekening Rp. 50 Juta, dan dana tersebut sudah ada di rekening itu dalam tiga bulan terakhir, agar Visa bisa diterima. Tetapi ketika saya mengajukan permohonan Visa Schengen (bulan Oktober 2010 lalu), uang di rekening saya bahkan tidak sampai setengahnya. Tetapi, saya minta bantuan ke orang tua saya (hehehe curang ya..). Jadi print rekening orang tua saya selama 3 bulan terkakhir juga saya ikutkan ditambah surat keterangan dari orang tua saya (dalam bahasa inggris) mengenai tujuan kepergian saya ke Italia dan memastikan bahwa saya akan kembali ke tanah air seusai kunjungan wisata tersebut.


2. Untuk ukuran foto yang dilampirkan, biar tidak repot, saya kemarin datang mengambil foto di M-photo Studio di Cilandak Town Square dan bilang ingin di foto untuk Visa Schengen. Mereka sudah tau ukurannya. Tapi untuk lebih yakin, bisa juga mengecek link di link di atas (di No.4 mengenai ukuran foto)

 

3. Tiket pulang-pergi tidak perlu di beli/ dibayar dahulu ( tidak perlu di-issued untuk permohonan Visa Schengen). Cukup bukti booking-an tiket pesawat pulang-pergi saja yang bisa di print di kantor tour and travel atau di kantor maskapai penerbangan yang akan digunakan. Saya bahkan tidak perlu menunjukkan tiket asli /tiket yang sudah di bayar ketika pengambilan Visa. Saya baru membeli tiket kemudian setelah saya tahu bahwa permohonanVisa Schengen saya diterima.

 

4. Asuransi perjalanan memang harus dibeli terlebih dahulu. Dan harus dilampirkan. Ketika saya ke Eropa bulan Oktober 2010, untuk perjalanan 14 hari saya membayar US$52 untuk asuransi yang mengcover internasional dengan pertanggungan hingga US$100.000 dengan asuransi Chartis. Asuransi bisa dibeli di travel agent seperti Avia Tour atau Vaya Tour. Atau langsung   ke Chartis di gedung BEJ. Tanya ke asuransi anda perihal jika Visa di tolak apakah uang asuransi bisa dikembalikan atau di atur kembali waktu-nya.

 

5. Reservasi hotel di Negara-negara Schengen sudah HARUS dibooking terlebih dahulu. Saya mem-booking hotel-hotel tersebut lewat venere.com, di venere ini meskipun toh nantinya Visa Schengen di tolak, bisa dibalikkan kembali uang teman-teman lewat Kartu Kredit yang teman-teman pakai untuk membayar bookingan hotel tersebut (ASALKAN TIDAK MEMESAN YANG NON REFUNDABLE). **Perhatikan batas waktu pembatalan ketika anda melakukan booking hotel**

 

6. Dokumen pendukung benar-benar HARUS dilengkapi jika ingin permohonan Visa diterima.

 

 

Setelah permohonan Visa Schengen diterima, Selamat Berpetualang!!!!!

Comments  

 
0 # ita 2011-10-29 20:36
saya dan adik berencana akan ke UK & italy januari thn depan, kami b2 mendapat undangan dan ada sponsor disana yg akan menanggung biaya hidup. Saya agak takut mengajukan visa, takut ditolak, krn kami b2 baru saja lulus, dan uang tabungan jg tidak sebanyak yg disyaratkan. gmn solusinya ya?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Sendia Berka 2011-12-12 18:21
Hi Mba Ita..maaf yah lama balesnya..tapi masih Januari kan ke IOtali-nya..heheh. Mba Ita, justru dicoba saja..kan dapet sponsor yang menyatakan biaya hidup kalian akan ditanggung..jadi seharusnya aman...selamat mencoba yah..semoga berhasil :-)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # priska 2012-02-10 08:39
Halo, saya juga ingin membuat visa schengen via kedutaan italy. Saya mau bertanya, di syarat2nya ditulis butuh fotokopi SIUP/TDP tmp perusahaan bekerja. Saya kontak HRD kantor saya dan SIUP bersifat rahasia dan tdk boleh dikeluarkan unt keperluan pribadi, sehingga kantor tdk bs mengeluarkan unt permohonan visa saya. Bagaimana ya solusinya? Trima kasih! :-)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # era 2012-03-31 17:34
mba priska, maaf baru bales pertanyaannya...mba, harusnya boleh ya bagian hrd memberikan SIUP perusahaan. karena itu pasti juga terdaftar kok di departemen perindustrian dan perdagangan. kalau tidak bisa mendapatkan fotokopian dari HRD kantor, bisa kok mendapatkannya dari deperindag setempat kantor mba priska di daftarkan. tetapi untuk meminta fotokopi SIUP harusnya boleh loh...kan fotokopi saja. oke mba semoga berhasil...cheers
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment


Security code
Refresh